Rektor UM Metro Dukung Program Pembinaan Petani Sayur Karang Rejo

UM Metro–Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) UM Metro gelar Seminar Agroindustri Pumakkal dan MoU dengan Kelompok Tani Budidaya SayurKarang Rejo 23 A, Metro Utara, Kota Metro, bertempat di aula Gedung Pascasarjana UM Metro, Sabtu (4/5/2019).

Acara yang berlangsung pukul 13.00 WIB ini dihadiri rektor UM Metro, Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd., sekaligus membuka seminar. Dalam pidatonya, dosen pendidikan matematika ini menyampaikan, UM Metro tidak hanya mendidik mahasiswa di kampus, tetapi berbaur dan bekerja sama dengan masyarakat.

“Hadirnya UM Metro tidak hanya mendidik mahasiswa di kampus, tetapi berbaur dengan masyarakat, bekerja sama dan melakukan pengabdian,” tuturnya.

Hal itu ia sampaikan atas terjalinnya kerja sama antara tim PPUPIK UM Metro dengan Kelompok Budidaya Sayur Mayur asal Karang Rejo 23 A, Metro Utara.

Menurutnya, kerjasama ini merupakan wujud pengabdian UM Metro kepada masyarakat. Kerjasama ini diharapkan mampu membuat UM Metro dan masyarakat Karang Rejo 23 A maju bersama-sama.

“Kita memang harus saling kerjasama, Pak Agus punya pupuk organik Pumakkal dan Pak Sarjono bisa mengembangkan tanaman sayur mayur organik.  Mudah-mudahan kolaborasi ini bisa menciptakan usaha baru, dan usaha yang jernih,” imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan wakil rektor 3 UM Metro ini turut mendo’akan kesuksesan untuk kedua belah pihak. Ia berharap kerjasama ini senantiasa berjalan dengan baik.

“Selamat kepada Pak Sarjono dari kelompok tani, selamat kepada pak Dr. Agus Sutanto, M.Si., atas produknya, nanti disusul dengan produk-produk yang lain,”tutup rektor baru UM Metro itu.

Selain rektor, hadir juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Metro, Prof. Dr. H. Juhri AM., M.Pd., Kaprodi Magister Pendidikan Biologi Dr. H. Achyani, M.Si., Ketua Tim PPUPIK Dr. Agus Sutanto, M.Si., para peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa Magister Pendidikan Biologi UM Metro dan rombongan Petani Sayur Hijau Daun dari Karang Rejo 23 A, Metro Utara, Kota Metro. Seminar ‌Agroindustri Pumakkal menghadirkan praktisi pupuk organik Eko Famuji Ariyanto, yang juga karyawan di PT Great Giant Pineapple (GGP) Lampung. (Nas/Hum)