(0725) 42445

Prodi S2 Manajemen UM Metro Gelar Workshop Penggunaan Metode SEM Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Penelitian Mahasiswa

 

PPs UM Metro - Program Studi Magister (S2) Manajemen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menggelar workshop Penggunaan Metode SEM dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa. Workshop dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, Sabtu (4/12/2021).

 

Hadir sebagai pemateri Dr. Bambang Satriawan, S.E., M.Si., salah seorang dosen dan juga dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Batam. Ia menyampaikan materi terkait Pengantar SEM (Structural Equation Modelling). 

 

 "Banyak hal-hal yang harus dipahami terkait bagaimana cara mengolah data dengan menggunakan Structural Equation Modelling. Pengalaman saya diskusi dengan teman-teman dan saya juga cukup memperhatikan penelitian-penelitian yang sudah terpublish baik itu di SIINTA, di Jurnal Internasional atau Jurnal Internasional bereputasi rata-rata sudah memilah, selain dari tema dan judul penelitian dari satu sisi mereka juga mengklasifikasikan alat analisis, jadi saya melihat kalau alat analisis itu sudah menggunakan SEM banyak penelitian-penelitian yang sudah masuk ke Jurnal Internasional, SINTA 2 dan SINTA 3. Jadi saya kira sangat tepat hari ini kita melaksanakan workhsop bagi mahasiswa-mahasiswa untuk meningkatkan kualitas penelitiannya agar bisa masuk ke jurnal-jurnal bereputasi," ungkap  Dr. Bambang Satriawan dalam workshop tersebut.

 

Sementara pemateri kedua ialah Dr. Suharto, S.E.,M.M.,C.R.B.C., yang merupakan Ketua Program Studi S2 Manajemen UM Metro. Ia menyampaikan materi terkait Konsep Dasar SEM.

 

"Sementara ini mahasiswa kita masih belum banyak menggunakan SEM, maka dari itu saya ingin mendorong dan mengenalkan kepada mahasiswa bagaimana menggunakan metode SEM dalam penelitian. Secara konsep memang berbeda dan terlihat sedikit rumit, tapi penelitian dengan menggunakan metode SEM ini hasilnya terlihat lebih baik dan mendalam," ujar Dr. Suharto.

 

 Workshop yang dimulai sejak pukul 08.00-12.00 WIB itu sebelumnya diisi oleh pretest dan diakhiri dengan postest. Peserta workshop terdiri dari mahasiswa S2 Manajemen UM Metro angkatan tahun 2020 dan mahasiswa S2 Manajemen UM Metro angkatan tahun 2021.

 

Sedangkan acara workhop sejak awal hingga akhir dipandu oleh Dharmawan, M.M., Kabag Akademik Program Pascasarjana dan juga salah seorang dosen di UM Metro.

 

admin: Barnas